Thursday, August 18, 2011

12 Fitur Terbaik di Google Chrome

12 Fitur Terbaik di Google ChromeSpeed yang tinggi dan kestabilan Chrome membuat banyak orang beralih ke browser milik Google ini. Browser ini memiliki banyak sekali ekstensi yang memberikan bermacam fitur yang tidak dimiliki browser lain. Selain itu fungsi ekstensi itu juga mampu membuat Chrome menjadi lebih cepat, aman dan produktif. Dari ratusan ekstensi itu ada 12 yang wajib Anda tahu kegunaannya.

1. Send from Gmail

Di banyak artikel online, jika Anda ingin berbagi dengan kawan maka biasanya Anda klik pada link ‘mail to’. Namun itu menjadi sangat mengganggu jika Anda pengguna Gmail karena semua web umumnya membuka program email default yang tidak bisa bekerja lancar jika Anda lebih suka menggunakan web mail. Dengan adanya fitur ‘Send from Gmail’ maka hal yang mengganggu itu tidak akan terjadi lagi karena saat Anda klik sebuah link email maka yang akan terbuka di Chrome adalah sebuah window ‘Compose Mail’ milik Gmail.

Ada juga sebuah tombol Gmail yang terletak di sebelah address bar yang bisa Anda klik untuk membuka sebuah email baru, di manapun Anda berada.

2. Scroll to Top Button

Ektensi ini memberikan sebuah tombol ‘scroll to top’ untuk halaman web yang panjang. Tombol ini akan muncul saat Anda meletakkan cursour mouse pada bagian paling atas dari halaman sehingga memudahkan navigasi.


3. Dropbox for Chrome

Dropbox adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda bisa menyimpan data sampai 20GB pada server. Layanan ini akan mensinkronisasi file Anda yang telah tersimpan sehingga bisa diakses di PC manapun.

Bagaimana dengan Dropbox untuk Chrome? Layanan ini memungkinkan untuk akses file Anda yang telah tersimpan di server langsung melalui chrome. Ini akan memudahkan Anda download atau upload file tanpa harus menginstal Dropbox di tiap PC. Untuk pengguna laptop, layanan ini pasti sangat berguna saat Anda tidak ingin sinkronisasi setiap saat. Saat ekstensi Dropbox telah terinstal, Anda akan diminta user name dan password.


Ini adalah jenis ekstensi yang sangat berguna untuk menjalankan aplikasi PDF viewer. Dengan ekstensi ini Chrome secara otomotis akan membuka file PDF yang kebetulan ada di situs-situs yang tengah Anda buka. Anda tidak perlu mendownload file PDF itu sebelum terbuka di Chrome dan membacanya. Jika itu adalah PDF yang Anda cari maka kemudian Anda bisa mendownload atau menyimpannya di Google Document, jika Anda punya akun Google.


Ekstensi ini berfungsi untuk mengatur sebuah to-do-list yan muncul tiap kali Anda membuka sebuah tab. Jika Anda tengah browsing dan kemudian teringat akan hal yang harus Anda cari, bukalah sebuah tab, klik tombol ‘Add’ dan ketik detail dari apa yang harus Anda kerjakan.

Selanjutnya Anda bisa kembali ke tab tersebut, atau membuka tab baru setiap saat untuk mengatur apa yang telah Anda buat. Warna dan ukutan juga bisa diatur sesuai selera.


New Tab Favourites memberikan daftar dari situs yang sering Anda kunjungi. Tiap kali membuka tab di Chrome maka Anda memiliki akses cepat ke link seperti YouTube, Twitter atau Facebook.

Secara default ada daftar yang disertakan dalam ekstensi itu namun Anda tetap bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Caranya, klik pada ‘Edit Mode’ lalu masukkan nama situs beserta URLnya. Anda bisa menghapus link yang tidak diperlukan.














Twitter adalah sosial media yang tepat untuk berbagi apa saja yang Anda temukan di dunia maya. Namun jika itu berkenaan dengan copy sebuah URL dan kemudian paste akan sedikit memakan waktu. Dengan TweetRight Anda bisa post di Twitter hanya dengan 2x klik saja. Tinggal klik kanan pada item yang ingin Anda share, pilih TweetRight lalu pilih ‘Post Link ti Twitter’.

8. Google Scribe

Google Scribe menggunakan teknologi prediksi milik Google untuk menerka apa yang sedang Anda ketik. Kemudian Anda akan diberi beberapa saran pilihan seperti kata berikutnya jika yang Anda ketik adalah sebuah kalimat. Anda bisa menggunakan fitur ini di semua situs.

Untuk menghindari pelacakan orang lain yang menggunakan komputer yang sama dengan Anda, Scribe bisa diaktifkan secara default atau saat Anda membutuhkannya saja. Cukup tekan [Ctrl]+[Shift]+[J] dan pilih ‘On demand’.



Adblock berfungsi menghapus iklan dari halaman web. Setelah terinstal, pilih saja daftar filter iklan yang ingin Anda gunakan. Anda bisa menambahkan daftar baru jika telah tahu URLnya.


Fitur ini akan sangat membantu jika Anda sering membuka situs-situs berbahasa asing. Secara otomatis bahasa asing akan terdeteksi oleh Chrome dan Anda akan diberi sebua link untuk melihat versi terjemahannya.


Untuk situs-situs yang ‘memaksa’ Anda hanya menggunakan Internet Explorer, Chrome IE Tab Multi akan sangat membantu. Selain itu, ekstensi ini juga support ActiveX controls dan mampu mengingat situs apa saja yang mengharuskan penggunaan IE.


Keberadaan Flash bisa memberikan elemen multimedia yang menarik seperti animasi pada web page namun Flash juga bisa digunakan untuk menyembunyikan kode-kode berbahaya. Selain itu Flash seringkali lambat diakses. Dengan FlashBlock maka konten Flash akan diblokir sehingga loading sebuah web page menjadi lebih cepat. Anda bisa mengaktifkannya kembali jika ingin,

No comments:

Post a Comment

Shinomotion